Rabu, 07 Juni 2017

7 Tips Menonton Film di Bioskop

credit: merdeka.com
Sampai sekarang bioskop masih menjadi tempat yang menyenangkan untuk mencari hiburan. meskipun film-film bajakan melimpah-ruah sensasi nonton di bioskop (apalagi yang 3d) tak bisa tergantikan. sudah setahun lebih saya tidak nonton film bajakan, bukan karena sok-sokan idealis namun karena malas beli dvd player dan sering kualitas dvd yang buruk.

Dari sering menonton film di bioskop itu, saya menemukan hal-hal unik yang sering dilakukan oleh para penonton bioskop di jakarta yang sebaiknya tak dilakukan. agar menonton lebih menyenangkan, berikut 7 tips menonton film di bioskop:

1.punyailah kartu mtix, jika tidak punya seperti saya, yakinlah dengan film apa yang akan kalian tonton sejak berangkat dari rumah. jika belum carilah informasi dengan memanfaatkan semua media yang ada, baik koran, web, social media atau cara paling purba yakni bertanya ke teman di sebelah kalian.

dengan begitu kalian tidak perlu berlama-lama menimbang, mengingat dan memutuskan film yang akan ditonton di depan loket. apalagi sampai berdiskusi minta saran dengan mbak petugasnya, yakinlah mereka lebih tidak tahu.

2.datanglah tepat waktu. karena pembukaan film pada detik pertama adalah scene terbaik yang telah dipilih oleh sutradara. jika anda melewatkan momen ini, anda akan kesulitan memahami jalan cerita secara keseluruhan.

selain itu hargailah penonton lain yang fokus menonton. ketelatan kalian sangat mengganggu karena gerak kalian memecah konsentrasi penonton lain yang benar-benar ingin menikmati hiburan. apalagi jika dalam ruang gelap itu kalian kesulitan menemukan deret kursi sesuai nomor tiket yang kalian beli.

3. jangan memesan popcorn dan makanan lain di dalam bioskop, apalagi pada detik iklan terakhir. karena pesanan anda akan diantar setelah film dimulai. biarkan para pengasong itu berkeliaran menawarkan dagangannya ke kursi-kursi penonton. jika tidak ada yang beli, lama-lama pihak 21 akan menstop strategi dagang mereka dan mencari cara yang lebih elegan.

4. jika kalian datang beramai-ramai ke bioskop, sebaiknya menahan diri untuk tidak berdiskusi selama film masih berlangsung. kuncilah mulut dan biarkan masing-masing anggota lain yang berbicara. suara kalian, sepelan bisikan cicak di dinding pun akan sangat mengganggu kelompok atau perseorangan lain, apalagi dalam waktu bermenit-menit.

5.bagi orang tua muda, sebaiknya tidak membawa bayi atau anak batita ke dalam gedung bioskop. pemandangan troli (?) atau kereta bayi yang berderet di sisi kanan (atau kiri) bawah layar sangat mengganggu pemandangan penonton. belum lagi kalau bayi atau anak tidak betah duduk diam dan meraung-raung selama kurang lebih dua jam (kecuali kalau tertidur). percayalah bayi-bayi itu belum paham apa yang ayah-ibunya anggap itu keren.

6.jangan pernah menjadi sutradara kesiangan. biarkan para tokoh-tokoh di film berkehendak sesuai karakternya. jangan sekali-sekali mengarahkan, memberi saran kepada tokoh di film secara verbal, meskipun mungkin ide anda lebih keren. jangan pernah juga menduga-duga apa yang akan dilakukan tokoh dengan berdebat dengan teman atau pacar yang ada di sebelah anda.

7. matikan handphone dan simpan dalam tas selama pemutaran film berlangsung. karena dering telepon, sms alert atau suara pesan masuk lain juga sinar terang dari layar handphone anda mengganggu konsentrasi orang yang ada di sebelah. keren banget xxi yang telah punya aplikasi yang bisa menjadikan ruangan pertunjukannya tak ada sinyal. mudah-mudahan segera diterapkan di semua tempat pertunjukan

ada tips lain, silakan menambahkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar